Sabtu, 30 Oktober 2010

Evolusi Sistem Informasi Manajemen berdasarkan CBIS (Computer Base Information System)

Evolusi Sistem Informasi Manajemen berdasarkan CBIS
(Computer Base Information System)

1. Pendahuluan
Setelah semua dibahas dan mengetahui tentang apa definisi dan fungsi SIM,gambaran umum dan struktur SIM lalu komponen-komponen pendukung SIM.Sekarang akan dibahas mengenai Evolusi SIM berdasarkan CBIS (Computer Base Information System).

2. Tinjauan Pustaka
SIM adalah pengembagan dan penggunaan sistem-sistem informasi yang efektif dalam organisasi-organisasi (Kroenke,David,1989).
SIM merupakan system informasi yang menghasilkan hasil keluaran (output) dengan menggunakan masukan (input) dan berbagai proses yang diperlukan untuk memenuhi tujuan tertentu dalam suatu kegiatan manajemen (Wikipedia).

3. Pembahasan
Sebelum membahas lebih jauh tentang evolusi SIM berdasarkan CBIS.Akan lebih baiknya kita mengetahui apa pengertian dari SIM? Lalu apa pengertian CBIS? Sebenarnya sudah pernah dibahas tentang apa itu SIM? Untuk mengingat lagi tentang apa itu SIM? Disini diambilkan tentang pengertian SIM (menurut Kroenke,David,1989) yaitu SIM adalah pengembagan dan penggunaan sistem-sistem informasi yang efektif dalam organisasi-organisasi.Sedangkan pengertian SIM (menurut Wikipedia) merupakan system informasi yang menghasilkan hasil keluaran (output) dengan menggunakan masukan (input) dan berbagai proses yang diperlukan untuk memenuhi tujuan tertentu dalam suatu kegiatan manajemen.
Sedangkan Sistem informasi/Information System (IS) adalah mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisa dan menyebarkan dan menyebarkan informasi untuk tujuan tertentu.
Lalu pengertian dari CBIS adalah sistem informasi yang menggunakan teknologi komputer untuk melakukan beberapa atau seluruh dari tugas-tugas yang ada.Walaupun sebenarnya tidak seluruh system informasi,tetapi kebanyakan menggunakan komputer, sehingga sistem informasi sering kali menggantikan istilah CBIS.

Suatu SIM sebenarnya tidak serta merta berjalan begitu saja seperti apa yang kita rasakan saat ini.Pasti terdapat evolusi perkembangan dari sebuah SIM,berikut rinciannya yang membahas tentang evolusi tersebut :
1. Fokus awal pada data
Sistem pemrosesan transaksi merupakan jenis sistem yang pertama kali di impelementasikan. Focus utama sistem ini adalah pada data transaksi.Sistem informasi ini digunakan untuk menghimpun , menyimpan dan memproses data transaksi serta sering kali mengendalikan keputusan yang merupakan bagian dari transasksi.
Nama aplikasi akuntansi berbasis komputer pada awalnya adalah pengolahan data elektronik (EDP) kemudian berubah menjadi Data prosesing (DP) dan Sistem Informasi Akuntansi (SIA)
2. Fokus baru pada informasi
Pada tahun 1964 diperkenalkan satu generasi baru alat penghitung yang mempengaruhi cara penggunaan komputer. Konsep penggunaan komputer sebagai SIM dipromosikan oleh pembuat komputer untuk mendukung peralatan baru tersebut.Konsep SIM menyadari bahwa aplikasi komputer harus diterapkan untuk tujuan utama menghasilkan informasi manajemen. Konsep ini segera diterima oleh perusahaan besar karena dengan adanya Manajemen Informasi perusahaan akan mudah mendapatkan Informasi yang akurat dan tepat guna mendukung dalam pengambilan keputusan dalam perusahaan tersebut.
3. Fokus revisi pada pendukung keputusan.
Sistem pendukung keputusan (Decision support system) adalah sistem informasi interaktif yang menyediakan informasi, pemodelan dan pemanipulasian data yang digunakan untuk membantu pengambilan keputusan pada situasi yang tidak terstruktur di mana tak seorangpun tahu secara pasti bagaimana seharusnya dibuat.
DSS dibuat sebagai reaksi atas ketidakpuasan terhadap Sistem Pemrosesan Transaksi dan Sistem Informasi Manajemen sebagaimana diketahui ,SIP lebih memfokuskan diri pada pengendalian transaksi yang merupakan kegitan yang bersifat berulang dan terdefenisi dengan baik,sedangkan SIM lebih berorientasi pada penyediaan laporan bagi manajemen yang sifatnya dinamis.DSS lebih ditunjuk untuk mendukung manajemen dalam melakukan pekerjaan yang bersifat analistis, dalam situsai yang kurang terstruktur dan dengan criteria yang kurang jelas.DSS tidak dimaksudkan untuk mengotomasikan pengambilan keputusan,tetapi memberikan perangkat interaktif yang memungkinkan pengambil keputusan dapat melakukan berbagai analisis dengan menggunakan model-model yang tersedia.
4. Fokus pada Komunikasi
Pada waktu DSS berkembang , perhatian juga difokuskan pada otomatisasi kantor (office automation/OA) OA memudahkan komunikasi dan meningkatkan produktivitas diantara para manajer dan pekerja kantor melalui penggunaan alat elektronik.
OA telah berkembang meliputi beragam aplikasi seperti konferensi jarak jauh, voice mail, e-mail, electronik calendaring, facsimile transmission.
5. Fokus potensial pada konsultasi
Komputer dapat diprogram untuk melaksanakan sebagian penalaran logis yang sama seperti manusia, suatu aplikasi yang dinamakan kecerdasan buatan (artificial intelligence) atau biasa disebut dengan sistem pendukung kecerdasan sistem pendukung ini memiliki beberapa karekteristik antara lain :
• Belajar atau memahami permasalahan berdasarkan pengalaman
• Memberikan tanggapan yang cepat dan memuaskan terhadap situasi-situasi baru
• Mampu menangani masalah yang kompleks
• Memecahkan permasalahan berdasarkan penalaraan
• Menggunakan pengetahuan untuk menyelesaikan permasalahan

4. Penutup
Kesimpulan yang dapat ditarik dari pembahasan ini adalah Komputer merupakan alat elektronik yang dapat membantu system kerja suatu perusahaan dan alat yang paling dibutuhkan dalam SIM.Karena dengan adanya computer kita dapat mempercepat pekerjaan kita,penghematan waktu,dan peningkatan efektivitas.
Saran
Setiap suatu perusahaan harus dapat menggunakan computer untuk SIMnya karena dengan adanya computer dapat meningkatkan kemajuan suatu perusahaan karena semuanya dapat terkontrol dengan baik.




5. Referensi
• greeaone.wordpress.com/.../evolusi-sistem-informasi-manajemen-berdasarkan-cbis/ -
• http://www.ilmukomputer.org/wp-content/uploads/2006/09/teguh-cbis-01.zip
• http://miftah.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/
• http://lily.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/9101/minggu11_12.pdf
• http://yulieee.wordpress.com/2009/11/15/evolusi-sistem-informasi-manajemen
• http://sri_wiji.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/18256/Modul+1+SIM.doc
• http://rmovizar.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/9046/Modul_ke_1_sim_ptik.doc
• http://file.upi.edu/Direktori/L%20-%20FPEB/PRODI.AKUNTANSI/196104051986091%20-%20NONO%20SUPRIATNA/SIA-10%20Sistem%20Informasi%20Manajemen.pdf
• http://andrykusuma.wordpress.com/2010/01/08/tugas-6-kesimpulan-mengenai-apa-yang-anda-pelajari-dalam-mata-kuliah-sim-1-terkait-dengan-tugas-1-sampai-dengan-5-yang-sudah-saya-berikan-sebelumnya-jabarkan-dalam-sebuah-artikel-minimal-500-kata/
• 203.130.231.110/handouts/S1_Sistem%20Informasi/SIM/SIM%20A.doc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar