Sabtu, 30 Oktober 2010

Mengulas seputar Electronic Data Interchange (EDI) dan Information Organisation System (IOS)

Mengulas seputar Electronic Data Interchange (EDI) dan Information Organisation System (IOS)

1. Pendahuluan
Dalam mengatasi persaingan yang semakin ketat antara suatu perusahaan dalam dunia bisnis pada jaman sekarang ini.Langkah yang dapat diambil oleh suatu perusahaan adalah meningkatkan kemampuan dalam teknologi informasi dan komunikasi.
Salah satu teknologi yang cukup relevan untuk mengatasi hal tersebut adalah penggunaan EDI(Electronic Data Interchange)dan IOS(Information Organisation system).Dalam tulisan ini akan dibahas mengenai apa itu EDI dan IOS?

2. Tinjauan Pustaka
Ferguson et al (1990) mendefinisikan tentang EDI yaitu sebagai pertukaran informasi bisnis secara elektronik dari computer ke computer dalam format terstruktur dan dilakukan diantara partner bisnis.
Laudon (1991) mengemukakan tentang EDI sebagai cara komunikasi atau pertukaran transaksi bisnis standar diantara dua pihak atau lebih dengan menggunakan media computer di satu pihak ke komputer lain pada pihak lain.
Porter (1980) mengemukakan tentang strategi EDI,bahwa ada dua strategi EDI yaitu cost leadership dan product differentiation.
3. Pembahasan
EDI merupakan mekanisme untuk pertukaran data-data untuk keperluan bisnis secara elektronis,sehingga intervensi manusia dapat ditekan seminimum mungkin.
Komponen-Komponen EDI,ada tiga komponen EDI yang utama yaitu :
1. Pesan Standar
Teks yang memuat informasi dan aturan sebagai penterjemah dari satu atau lebih dokumen bisnis.Dalam EDI aturan untuk memformat dokumen elektronik disebut transaction set.Dokumen yang dipertukarkan harus terstruktur sehingga dapat dibaca dan diinterpretasikan oleh computer.
2. Perangkat Lunak
Berfungsi sebagai penterjemah dari pesan standar EDI ke dalam internal file format perusahaan penerima.
3. Komunikasi
Komunikasi dalam EDI dilakukan melalui antar mesin (komputer),sehingga diperlukan infrastruktur komunikasi.Bentuk infrastruktur komunikasi yang berkembang adalah Vale Added Network (VAN).VAN adalah penyedia network dimana setiap pelanggannya menpunyai mailbox pada perusahaan VAN,sehingga pesan EDI dapat melalui e-mail.
Keuntungan EDI,EDI memiliki banyak keuntungan diantaranya :
1. Memperbaiki efisiensi
2. penghematan biaya
3. penurunan penggunaan telepon
4. penurunan biaya pos konvensional
5. penurunan biaya transport
6. Memperbaiki service kepada pelanggan
7. Memperbaiki kemampuan bersaing secara internasional
Pemanfaatan EDI di Indonesia nampaknya masih belum mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang signifikan.Masih sangat jarang yang memanfaatkan system ini sebagai salah satu komponen teknologi informasi.Padahal dengan adanya EDI ini perusahaan akan lebih mudah dalam melakukan pertukaran data baik didalam internal organisasi ataupun dengan pihak stakeholder.
IOS adalah suatu kombinasi perusahaan-perusahaan yang terkait sehingga berfungsi sebagai satu sistem tunggal yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Perusahaan-perusahaan yang membentuk IOS disebut mitra dagang atau mitra bisnis.Manfaat IOS terbagi menjadi dua kategori yaitu efisiensi komparatif dan kekuatan tawar menawar.
4. Penutup
Kesimpulan yang dapat ditarik dari tulisan ini yaitu EDI dapat kita manfaatkan untuk pertukaran data antara perusahaan dalam dunia bisnis.sedangkan IOS adalah suatu kombinasi perusahaan-perusahaan yang terkait sehingga berfungsi sebagai satu sistem tunggal yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.
Saran : Setiap perusahaan di Indonesia harus dapat memanfaatkan EDI dan IOS agar dapat dengan mudah melakukan pertukaran informasi.

5. Referensi
a. http://www.total.or.id/info.php?kk=Electronic%20Data%20Interchange
b. puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/idei/article/shop/18014/17929
c. http://ruthl25th.multiply.com/journal/item/2
d. http://en.wikipedia.org/wiki/Electronic_Data_Interchange
e. http://arvianmmugm.blogspot.com/2009/01/aplikasi-edi-electronic-data_06.html
f. http://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&cd=4&ved=0CCUQFjAD&url=http%3A%2F%2Frepository.ui.ac.id%2Fcontents%2Fkoleksi%2F16%2F116ec84cd4f5c6e0caf3867f01a1898808510673.pdf&rct=j&q=Elektronik%20data%20interchange&ei=waW5TJu7K4eivQP5uMXXDQ&usg=AFQjCNEPnUZQT2V-H0Sk9PnRHRs9fsFmcg&cad=rja
g. http://blog.unila.ac.id/nurul170389/2009/03/14/elektronik-data-interchange/
h. http://saifulrahman.lecture.ub.ac.id/files/2010/03/Merubah-Proses-Manajemen.pdf
i. http://www.angelfire.com/id/akademika/rkuliah1.html
j. http://hadianyana.wordpress.com/2009/11/16/edi-electronic-data-interchange/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar