Sabtu, 30 Oktober 2010

Model sistem umum organisasi atau perusahaan

Model Sistem Umum Organisasi atau Perusahaan

1. Pendahuluan
Perusahaan di jaman sekarang ini pastinya harus dapat bersaing dengan perusahaan-perusahaan lainnya yang ada diluar sana,agar dapat bersaing dalam dunia bisnisnya.
Disini kita akan mengintip tentang model system umum organisasi atau perusahaan.

2. Tinjauan Pustaka
3. Pembahasan
Model merupakan abstraksi dari sesuatu,yang dapat menampilkan tujuan dan aktifitas (sering disebut dengan entity/kesatuan.Seorang manajer perusahaan menggunakan suatu model untuk memecahkan suatu permasalahan.

Jenis-jenis model ada 4 jenis model dasar,yaitu :
1. Model Fisik
Adalah penggambaran entitas dalam bentuk tigas dimensi.Model fisik yang digunakan dalam dunia bisnis meliputi maket pusat perbelanjaan, atau prototype model baru.
Model fisik membantu suatu tujuan yang tidak dapat dipenuhi oleh benda nyata.Contohnya investor pusat perbelanjaan dan pembuat mobil dapat membuat sejumlah perubahan dengan lebih murah melalui rancangan model fisik mereka dibandingkan dengan produk akhir.
2. Model Naratif
Menggambarkan entitasnya secara lisan atau tulisan.Semua komunikasi bisnis adalah model naratif, sehingga model naratif merupakan model yang paling populer.Model ini sering digunakan para manajer, namun jarang dikenali sebagai suatu model.
3. Model Grafik
Menggambarkan entitasnya dengan sejumlah garis, symbol atau bentuk.Model grafik digunakan dalam bisnis untuk mengkomunikasikan informasi.Banyak laporan tahunan perusahaan kepada para pemegang saham berisikan grafik-grafik berwarna untuk menyampaikan kondisi keuangan perusahaan.Grafik juga digunakan untuk mengkomunikasikan informasi kepada para manajer.
Model grafik juga digunakan dalam rancangan sistem informasi.Banyak peralatan yang digunakan oleh analisis sistem dan programmer yang bersifat grafik. Contohnya bagan arus (flowchart) dan diagram arus data (data flow diagram – DFD).
4. Model Matematika
Sebagian besar perhatian dalam pembuatan model bisnis (business modeling) saat ini tertuju pada model matematika.Semua rumus atau persamaan matematika adalah suatu model matematika.Model matematika yang digunakan para manajer bisnis umumnya tidak lebih rumit daripada model yang biasa digunakan dalam matematika.
Keunggulan model matematika adalah ketelitiannya dalam menjelaskan hubungan antara berbagai bagian dari suatu objek serta menyediakan kemampuan prediksi.Matematika dapat menangani hubungan-hubungan yang berdimensi lebih banyak disbanding model grafik yang hanya dua dimenasi atau model fisik yang tiga dimensi. Bagi ahli matematika dan manajer yang menyadari kerumitan sistem bisnis, kemampuan multidimensional model matematik adalah modal yang berharga.
Kegunaan Model,ada tiga tujuan penggunaan model yaitu :
1. Mempermudah pengertian (pemahaman)
Suatu model pasti lebih sederhana daripada entitasnya.Entitas lebih mudah dimengerti jika elemen-elemennya dan hubungannya disajikan secara sederhana.Pada model fisik hanya dapat menggambarkan bentuk objek yang ingin dipelajari.Pada model narasi, narasinya dapat diolah menjadi ikhtisar.Pada model grafik, diagram hanya dapat menunjukkan hubungan-hubungan utama, dan pada model matematika, persamaan matematik hanya berisi unsur-unsur primer.Tetapi dalam setiap hal, dilakukan upaya untuk menyajikan model dalam bentuk yang sederhana. Setelah model-model sederhana tersebut dipahami,secara bertahap model tersebut dapat dibuat semakin rumit sehingga dapat menggambarkan entitasnya dengan lebih akurat. Bagaimana pun, model tetap hanya menggambarkan entitasnya dan tidak pernah tepat sama dengan entitasnya.
2. Mempermudah komunikasi
Setelah pemecah masalah (problem sorver) mengerti entitasnya, pengertian tersebut sering perlu dikomunikasikan kepada yang lain. Mungkin analisis sistem harus berkomunikasi dengan manajer atau programmer. Atau mungkin seorang manajer harus berkomunikasi dengan anggaota lain dari tim pemecah masalah.
Keempat jenis model dapat mengkomunikasikan informasi secara cepat dan akurat kepada orang-orang yang mengetahui makna dari berbagai bentuk, kata-kata, grafik, dan persamaan matematika tersebut.
3. Memperkirakan masa depan
Ketelitian dalam menggambarkan entitas membuat model matematika dapat memberikan kemampuan yang tidak dapat dimiliki oleh jenis model lainnya. Model matematika dapat memperkirakan apa yang akan terjadi di masa depan, tetapi tidak seratus persen akurat. Karena banyak data yang dimasukkan ke dalam model biasanya didasarkan atas berbagai asumsi, manajer harus menggunakan pertimbangan dan intuisi untuk mengevaluasi model.
Model system umum
1. Sistem Fisik
Merupakan sistem terbuka, yang berhubungan dengan lingkungannya melalui arus sumber daya fisik.
Arus sumber daya fisik yang mengalir :
1. Arus material.
2. Arus personil.
3. Arus mesin.
4. Arus uang.
2. Sistem Konseptual
Sebagian sistem terbuka dapat mengendalikan operasinya sendiri, sebagian lagi tidak.Pengendalian ini dapat dicapai dengan menggunakan suatu lingkaran yang disebut “Lingkaran Umpan Balik” yang menyediakan suatu jalur bagi sinyal-sinyal dari sistem ke mekanisme pengendalian begitu pula sebaliknya.
Pengendalian Manajemen pihak manajemen menerima informasi yang menggambarkan output sistem.
Pengolah Informasi; Perjalanan informasi tidak selalu dari sistem fisik kepada manajer.Para manajer memperoleh informasi dari sistem yang menghasilkan informasi dari data yang terkumpul.
4. Penutup
5. Referensi
o http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/10/model-sistem-umum-perusahaan-4/
o http://www.kaskus.us/blog.php?b=21481
o sri_wiji.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/.../Modul+2+SIM.doc
o ruzdeeweb.com/.../model+sistem+umum+perusahaan+warta+warga - Amerika Serikat -
o zhiimon.blogspot.com/.../model-sistem-umum-perusahaan.html
o www.golfandtravelling.com/.../Model+Sistem+Umum+Perusahaan
o www.copasmedia.com/?s=Model+Sistem+Umum+Perusahaan
o www.liputan-berita.com/beritamodel-sistem-umum-organisasi-atau-perusahaanhtml -
o indoartikel.com/berita_model_sistem_umum_perusahaan__warta_warga
o danielraka.wordpress.com/.../model-sistem-umum-perusahaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar