Teknologi Perdagangan melalui Jaringan Elektronik pada Masa Kini
1. Pendahuluan
Pada jaman modern seperti saat ini,pastinya kita tidak asing lagi dengan perdagangan melalui jaringan elektronik,apalagi ditambah dengan jaringan internet yang sudah menyebar ke pelosok daerah.
Tapi apa sih sebenarnya perdagangan melalui jaringan elektronik,disini akan dibahas mengenai hal tersebut.
2. Tinjauan Pustaka
3. Pembahasan
Strategi Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik adalah strategi yang elemen-elemennya dikaitkan dengan transmisi data elektronik.Strategi yang paling penting adalah strategi yang elemen-elemennya dikaitkan dengan transmisi data elektronik. Nama yang berkaitan dengan strategi ini adalah sistem antar-organisasi (IOS). EDI merupakan subset dari IOS.
Perdagangan melalui Jaringan Elektronik ada 2 jenis :
1. Business-to-Customer(B2C)
Perdagangan melalui jaringan elektronik yang berkenaan dengan transaksi antara sebuah perusahaan dengan pemakai akhir dari produk.
2. Business-to-Business(B2B)
Perdagangan melalui jaringan elektronik yang berkenaan dengan transaksi antara perusahaan-perusahaan yang tidak melibatkan pemakai akhir.
Strategi perdagangan melalui jaringan elektronik yaitu untuk tiap masalah, ada beberapa kemungkinan solusi, dan situasi ini dapat diterapkan untuk permasalahan menentukan strategi terbaik perdagangan melalui jaringan elektronik.
Manfaat yang dapat diambil dari perdagangan melalui jaringan elektronik yaitu 1. Pelayanan pelanggan lebih baik
2. Hubungan pemasok dan masyarakat keuangan yang lebih baik
3. Pengembalian investasi pemegang saham dan pemilik meningkat
Kendala dalam perdagangan melalui jaringan elektronik yaitu
1. Biaya tinggi
2. Masalah keamanan
3. Perangkat lunak yang belum mapan atau tidak tersedia
4. Harus adanya computer untuk terkoneksi dengan jaringan internet
4. Penutup
Kesimpulan yang dapat ditarik dari tulisan ini yaitu perdagangan melalui jaringan elektronik belum sepenuhnya dapat berjalan seperti perdangangan yang biasanya,kendala yang dirasakan untuk mengembangan itu masih banyak.
Saran agar perdagangan melalui jaringan elektronik ini dapat berkembang dengan baik maka setiap perusahaan wajib mempunyai situs perusahaannya yang menjelaskan produk dagangannya.
5. Referensi
1. http://baduttumin.files.wordpress.com/.../3-menggunakan-teknologi-informasi-dalam-perdagangan-melalui-jaringan-elektronik.ppt
2. http://betty_yudha.staff.gunadarma.ac.id/.../BAB+6+Perdagangan+Melalui+Jaringan+Elektronik.doc
3. http://nanienuneno.blogspot.com/2010/01/perdagangan-melalui-jaringan-elektronik.html
4. http://gerudawjarit.blogspot.com/2009/12/menggunakan-teknologi-informasi-dalam.html
5. http://www.simplearning.co.cc/2009/12/e-commerce-strategi-penerapan-bisnis.html
6. http://nanienuneno.blogspot.com/2010/01/perdagangan-melalui-jaringan-elektronik_08.html
7. http://kibaw90.wordpress.com/2010/01/03/e-commerce/
8. http://budhivensius.blogspot.com/2009/12/perdagangan-melalui-jaringan-elektronik.html
9. http://andrykusuma.wordpress.com/2009/12/31/e-commerce-perdagangan-elektronik/
10. http://irvhan.student.ung.ac.id/files/2010/06/SISTEM-INFORMASI-MANAJEMEN.ppt
Tidak ada komentar:
Posting Komentar