Sabtu, 30 Oktober 2010

E-Commerce dan perkembangannya di Indonesia

E-Commerce dan Perkembangannya di Indonesia

1. Pendahuluan
Dengan pekembangan jaman seperti ini mungkin semua orang mengerti apa itu e-commerce dan bagaimana perkembangannya di Indonesia?Tapi kenyataannya masih banyak orang diluar sana yang belum mengerti apa itu e-commerce dan bagaimana perkembangannya di Indonesia?
Disini saya akan mencoba mengupas tentang apa itu e-commerce dan bagaimana perkembangannya di Indonesia?

2. Tinjauan Pustaka
3. Pembahasan
E-Commerce atau disebut dengan electronic commerce merupakan salah satu teknologi yang berkembang pesat seiring dengan kehadiran dan perkembangan internet dalam kehidupan kita.
Ecommerce sendiri berasal dari layanan EDI (Electronic Data Interchange), layanan EDI ini telah berkembang sedemikian pesatnya di negara-negara yang mempunyai jaringan komputer dan telepon.Jika sebelumnya kita telah sering menggunakan media elektronik seperti telepon, fax, hingga handphone untuk melakukan perniagaan / perdagangan, sekarang ini, kita dapat menggunakan internet untuk melakukan perniagaan.
E-Commerce memiliki beberapa jenis, yaitu:
• Business to Business (B2B)
Adalah suatu bisnis yang dijalankan antara perusahaan dengan perusahaan lain.
• Business to Consumer (B2C)
Adalah suatu bisnis yang dijalankan antara perusahaan dengan consumer,sifatnya melayani pelanggan yang bervariasi.
• Consumer to Consumer (C2C)
Adalah suatu bisnis yang dijalankan antara consumer dengan consumer, sifatnya lelang (auction).
• Government
o G2G, G2B, G2C,
melakukan layanan terhadap perusahaan untuk keperluan bisnis hingga melayani masyarakat.
Manfaat dari E-Commerce,yaitu:
• Revenue stream baru
• Market exposure, melebarkan jangkauan
• Menurunkan biaya
• Memperpendek waktu product cycle
• Meningkatkan customer loyality
• Meningkatkan value chain

Setalah dibahas apa itu e-commerce,mari kita lihat bagaimana perkembangan e-commerce di Indonesia?
Sebenarnya e-commerce telah ada di Indonesia sejak tahun 1996,dengan berdirinya Dyviacom Intrabumi atau D-Net (www.dnet.net.id) sebagai perintis transaksi online.Wahana transaksi berupa mal online yang disebut D-Mall (diakses lewat D-Net) ini telah menampung sekitar 33 toko online/merchant.Produk yang dijual bermacam-macam, mulai dari makanan, aksesori, pakaian, produk perkantoran sampai furniture. Selain itu, berdiri pula http://www.ecommerce-indonesia.com/, tempat penjualan online berbasis internet yang memiliki fasilitas lengkap seperti adanya bagian depan toko (storefront) dan shopping cart (keranjang belanja).
Selain itu, ada juga Commerce Net Indonesia yang beralamat di http://isp.commerce.net.id/.Sebagai Commerce Service Provider (CSP) pertama di Indonesia, Commerce Net Indonesia menawarkan kemudahan dalam melakukan jual beli di internet. Commerce Net.
Indonesia sendiri telah bekerjasama dengan lembaga-lembaga yang membutuhkan e-commerce, untuk melayani konsumen seperti PT Telkom dan Bank International Indonesia. Selain itu, terdapat pula tujuh situs yang menjadi anggota Commerce Net Indonesia, yaitu Plasa.com, Interactive Mall 2000, Officeland, Kompas Cyber Media, Mizan Online Telecommunication Mall dan Trikomsel.

4. Penutup
Kesimpulan dari pembahasan ini yaitu dengan adanya kehadiran e-commerce sebagai media transaksi baru ini tentunya menguntungkan banyak pihak, baik pihak konsumen, maupun pihak produsen dan penjual (retailer).Dengan menggunakan internet, proses perniagaan dapat dilakukan dengan menghemat biaya dan waktu.
Saran yang dapat saya sampaikan dari pembahasan ini adalah akan lebih baik apabila perusahaan-perusahaan di Indonesia memanfaatkan e-commerce dalam bisnisnya,mengingat jumlah masyarakat yang besar dan adanya jarak fisik yang jauh sehingga e-commerce dapat dimanfaatkan dengan maksimal dan e-commerce dapat menjadi suatu bisnis yang menjanjikan.

5. Referensi
• http://www.sentralweb.com
• www.cert.or.id/~budi/presentations/e-commerce-indonesia.ppt Anggraeni Srihartati0905017012
• www.matabumi.com/cerita/perkembangan-e-commerce-di-indonesia
• www.iix.net.id/library/Iix_history.pdf
• http://didoe.files.wordpress.com/2008/03/perkembangan-e.doc
• http://www.mik.co.id/?p=675
• www.cert.or.id/~budi/presentation/e-commerce.ppt
• http://www.lawskripsi.com/index.php?option=com_content&view=article&id=11&Itemid=11
• . http://www.mik.co.id/?p=675
• . http://www.yahoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar