Senin, 27 September 2010

Komponen-komponen SIM

KOMPONEN-KOMPONEN PENDUKUNG SIM

1. Pendahuluan
Pastinya suatu SIM mempunyai komponen-komponen pendukung yang bermanfaat untuk mendukung suatu perusahaan dalam berkomunikasi.Disini akan dibahas apa saja komponen-komponen pendukung SIM yang mendukung bagi semua pelaku ekonomi.
2. Pembahasan

Ada beberapa komponen-komponen dalam pendukung SIM, yaitu :
a. Sistem Database System Data Base adalah sebuah bank data yang di jangkau oleh system. Database memuat seluruh data perusahaan yang peranannya sangat penting, bagi kelancaran organisasi , sehingga dibutuhkan suatu manajemen pengolahan yang baik.
b. Decission Support System Didefinisikan sebagi penerapan system informasi yang membantu aktivitas pengambilan keputusan. DSS cenderung di gunakan dalam perencanaan untuk menganalisis alternative serta pecarian pemecahan melalui salah satu sistem yang ada
c. Information Resource Management ( IRM ) Merupakan cara pendekatan terhadap manajemen yang didasarkan atas konsep pemikiran bahwa informasi merupakan sebuah konsep organisatoris. Ruang lingkup IRM mencakup komunikasi data dan pemrosesan kata. Konsep IRM menekankan pada efektifitas organisatoris sumber sistem informasi daripada spesifikasi teknikal atau efesiensi perangkat keras dan lunak.
d. User Machine System Diartikan bahwa perancang sebuah sistem informasi manajemen harus memahami kemampuan manusia sebagai pengolah informasi dan perilaku manusia dalam pengambilan keputusan.
e. Synergystic Organization Merupakan sifat pengaturan kerjasama sehingga hasil produksi total dari seluruh anggota organisasi ( totalitas ) lebih besar daripada jumlah hasil anggota organisasi itu.


Komponen pembangun SIM
a. Hardware
Perangkat keras bagi suatu system informasi computer
b. Software
a. Software system
b. Software aplikasi
c. Prosedur
d. Model manajemen dan pengambilan keputusan
e. Database
2. Penutup
Kesimpulan yang dapat diambil dari pembahasan tersebut SIM sangatlah berguna bagi semua pelaku kegiatan ekonomi. Karena dengan adanya SIM suatu perusahaan bisa mendapatkan informasi menjadi lebih mudah, tanpa harus melalui proses yang sulit. Selain itu SIM merupakan alat bagi seorang manajer dalam mengambil keputusan.
Saran
Sebaiknya suatu perusahaan harus menerapkan komponen-komponen SIM tersebut agar dalam memperolah suatu informasi menjadi lebih mudah,pastinya setiap perusahaan sangat memerlukan komponen-komponen yang sangat mendukung SIM dalam suatu perusahaan ini.
5. Referensi

- yoyoke.web.ugm.ac.id/download/sim.pdf
- http://22adi.blogspot.com/2010/01/komponen-pendukung-sim.html
- www.smecda.com/e-book/SIM/Simbab1.pdf
- wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/09/system-informasi-manajemen-18/
- http://www.kuliah.dinus.ac.id/ika/asi/modul.htm
- http://www.stmikmj.ac.id/sim1.htm
- miftah.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/…/Gambaran+Umum+SIM.pdf
- http:/www.dostoc.com
- syopian.net/blog
- www.gudangmateri.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar