Kamis, 29 Maret 2012

Manfaat Bank


Pendahuluan
          Sesuatu yang dibangun pasti mempunyai manfaat, apalagi kalau sesuatu yang dibangun adalah untuk kepentingan umum. Kepentingan umum tersebut berarti untuk kalangan masyarakat semua tanpa pandang bulu itu siapa. Begitulah suatu bank didirikan, bank selalu menerima semua masyarakat yang akan memanfaatkan keberadaannya. Tapi masih sedikit masyarakat yang mengetahui manfaat sebenarnya suatu bank dalam kehidupan.
            Maka dari itu, penulis ingin mengajak pembaca untuk mempelajari apa saja manfaat bank dalam kehidupan?
Landasan Teori
            Menurut saya, bank merupakan sarana yang memudahkan aktivitas masyarakat untuk menyimpan uang, dalam hal perniagaan, maupun untuk investasi masa depan. Dunia perbankan merupakan salah satu institusi yang sangat berperan dalam bidang perekonomian suatu negara (khususnya dibidang pembiayaan perekonomian). (Prof. Dr. Ali Afifuddin, SE)
Pembahasan
            Manfaat dari bank dalam kehidupan diantaranya yaitu :
1.  Sebagai model investasi
            Transaksi derivatif dapat dijadikan sebagai salah satu model  berinvestasi. Walaupun pada umumnya merupakan jenis investasi jangka pendek (yield enhancement).
2. Sebagai cara lindung nilai
Transaksi derivatif dapat berfungsi sebagai salah satu cara untuk menghilangkan risiko dengan jalan lindung nilai (hedging), atau disebut juga sebagai risk management.
3. Informasi harga
Transaksi derivatif dapat berfungsi juga sebagai sarana mencari atau memberikan informasi tentang harga barang komoditi tertentu dikemudian hari (price discovery).
4. Fungsi spekulatifyang
                  Transaksi derivatif dapat memberikan kesempatan spekulasi (untung-untungan) terhadap perubahan nilai pasar dari transaksi derivatif itu sendiri.
 5. Fungsi manajemen produksi berjalan dengan baik dan efisien
Transaksi derivatif dapat memberikan gambaran kepada manajemen produksi sebuah produsen dalam menilai suatu permintaan dan kebutuhan pasar di masa mendatang.
Kesimpulan
          Dapat disimpulakan manfaat dari suatu bank dalam kehidupan yaitu sebagai model investasi, sebagai cara lindung nilai, informasi harga, fungsi spekulatifyang, dan fungsi manajemen produksi berjalan dengan baik dan efisien. Namun, secara umum apabila melihat sebagai nasabah suatu bank kita dapat menyimpulkan manfaat suatu bank sebagai tempat untuk menyimpan uang baik itu deposito maupun tabungan.

Daftar Pusataka


Tidak ada komentar:

Posting Komentar