Senin, 02 April 2012

Jenis-Jenis Bank dan Fungsinya


Pendahuluan
          Dengan banyaknya suatu bank yang didirikan di suatu negara dengan berbagai jenis dan fungsinya masing-masing. Namun, apakah semuanya akan menguntungkan nasabah dari bank tersebut? Dan apakah nasabah juga mengetahui ternyata bank-bank yang sudah didirikan dan banyak sekali tumbuh, juga mempunyai jenis masing-masing dan mempunyai fungsi masing-masing juga.
            Untuk mengetahui semua hal tersebut, disini akan dibahas mengenai jenis-jenis dan fungsinya. Semoga akan bermanfaat untuk kita semua.
Pembahasan
            Ada tiga kelompok utama Institusi keuangan bank komersial, lembaga tabungan, dan credit unions (lembaga penyimpanan) karena sebagian besar dananya berasal dari simpanan nasabah.
1.         Bank Komersial
                                    Bank komersial merupakan kelompok terbesar lembaga penyimpanan aset, apabila  diukur dengan besarnya aset.
2.         Lembaga Tabungan
                                    Lembaga tabungan sama dengan bank komersial mereka melakukan fungsi yang sama, yaitu lembaga penyimpanan aset.
3.         Credit Unions
                                    Credit unions yaitu menerima deposito dan membuat pinjaman.
            Apabila dilihat dari perbandingan aset yang dimiliki oleh suatu bank, maka dapat dibedakan menjadi 2, yaitu :
1.         Menunjukan bahwa konsolidasi perbankan telah mengurangi pangsa aset bank paling kecil yaitu aset dibawah $ 1miliar.  Apabila suatu bank berada di aset ini cenderung akan melakukan fungsinya pada ritel atau consumer banking, seperti memberikan hipotek perumahan, kredit konsumen, dan deposito lokal.
2.         Aset bank yang relatif lebih besar dengan aset lebih dari $ 1miliar, terdiri dari dua kelas adalah bank regional atau super regional. Mereka terlibat dalam grosir yang lebih kompleks tentang kegiatan komersial perbankan, meliputi kredit konsumen dan perumahan serta pinjaman komersial dan industri (D & I Lending), baik secara regional maupun nasional. Selain itu, bank–bank besar memiliki akses untuk membeli dana (fund) seperti dana antar bank atau dana pemerintah ( federal funds) untuk membiayai pinjaman dan kegiatan investasi mereka. Namun, beberapa bank yang sangat besar memiliki sebutan yang berbeda, yaitu Bank Sentral. Saat ini, lima organisasi perbankan membentuk kelompok Bank Sentral, yaitu: Bank New York , Deutsche Bank (melalui akuisisi bankir-bankir saling mempercayai), CitigroupJP Morgan , dan Bank HSBC di Amerika Serikat. Namun, jumlahnya telah menurun akibat megamergers.
            Penting untuk diperhatikan bahwa, aset atau pinjaman tidak selalu menjadi indikator suatu bank adalah bank sentral. Tapi, gabungan dari lokasi dengan ketergantungan pada sumber nondeposit atau pinjaman dana.
Kesimpulan
            Jenis suatu bank beserta fungsinya dapat dibedakan menjadi 3 kelompok, yaitu bank komersial, lembaga tabungan, dan credit unions.
Daftar Pustaka


Tidak ada komentar:

Posting Komentar